Blogroll





Kamis, 03 Januari 2013

5 Situs Tutorial Pemrograman Berbahasa Indonesia


Seorang programmer wajib menguasai pemograman baik itu skill ataupun apasaja yang berhubungan dengan program, bahasa pemrograman itu ada berbagai macam dan berbagai corak khas nya masing-masing, sedikit melenceng, di tempat admin kuliah yang baru semester 2, kami mempelajari bahasapemrograman C dan C++, kembali lagi ke permasalahan program, jika ingin menjadi programmer handal kita wajib belajar di waktu luang selain di bangku kuliah dengan mencoba segala cara membuat program, nah belajar otodidak tidak lah mungkin jika kita hanya berharap di materi yang kita dapatkan di sekolah atau kuliah saja, pasti kita mencari materi baru minimal di perpustakaan dan internet.

Maka dari itu, masalah bahasa sering kita temukan, karena rata-rata dan bisa dikatakan sebagian besar bahasa yang digunakan pada tutorial nya adalah bahasa Inggris dan tentunya sangat bermasalah bagi kita yang kurang mahir berbahasa inggris, nah saya berhasil mendapatkan solusinya dari sebuah forum ternama, disana dikatakan oleh seorang poster thread ada 5 Situs Pemograman Berbahasa Indonesia, itu yang membuat admin senang hahaha, jujur saya kurang mahir dalam berbahasa inggris tetapi kita tetap berusaha lah, ciyeeee jadi mayuuu..:D, baiklah saya akan menshare tentang ke-5 situs itu dibawah ini, cekidoot :

1. JagoCoding.com

Jagocoding.com adalah situs tutorial pemrograman pertama di Indonesia yang berbasis jejaring sosial (social network). User dapat membuat tutorial dan mempublikasikannya di internet secara langsung, dengan approval dari administrator untuk memenuhi standar kelayakan tutorial. Fitur lainnya adalah, user yang telah terdaftar dapat memfollow kontributor, memberikan komentar, diskusi, dan sebagainya. User dapat mengunduh/download ebook setiap tutorial dalam bentuk PDF. Tutorial yang disajikan adalah semua tutorial pemrograman, mulai dari web, desktop, maupun mobile.

2. IlmuKomputer.com

Download berbagai materi kuliah untuk jurusan ilmu komputer/IT, di situs ini disediakan e-book2 siap download hasil tulisan dari para penulis2 yang mengirimkan tutorialnya. Materi yang dapat dikirimkan adalah semua materi yang ada di dalam jurusan Ilmu Komputer.

3. Makkul.com

Makkul.com adalah sebuah blog yang berisi artikel mengenai PHP dan MySQL,Java,ASP disertai dengan penjelasan dan contoh kasus. User yang tidak terdaftar dapat memberikan komentar, tetapi tidak bisa memposting tutorial sendiri. Karena sebenarnya ini adalah blogspot dengan artikel-artikel berisi tutorial pemrograman.

4. MyPhpTutorials.com

Situs yang berisi semua tutorial PHP beragam. Walaupun intinya adalah tutorial PHP, tetapi sebenarnya yang dipelajari di sini adalah semua tutorial tentang bagaimana membuat website, jadi dipelajari juga CSS, Javascript, dan sebagainya. Intinya, di sini adalah tutorial web, tidak terdapat mobile dan desktop.

5. IlmuWebsite.com

Ilmuwebsite hampir mirip dengan situs myphptutorials.com. Pada situs ini berisi tutorial-tutorial semua yang berkaitan dengan website, dengan disediakan demo dan link download. Website ini sebenarnya adalah wordpress, jadi tidak ada halaman login untuk user. User tidak bisa interaksi terhadap user lain.

Ayo kita belajar pemrograman, buatlah bangasa Indonesia bangga karena memiliki kita..:D
sekian dan jika ada pertanyaan bisa berkomentar di bawah ini dan bisa juga ke fans page kami...:D Happy Coding...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar