Blogroll





Jumat, 28 Desember 2012

Cara memperbaiki masalah restart dan shutdown di windows 8


Ada banyak pemakai windows 8 yang mengeluhkan masalah restart dah shutdown di sistem operasi windows 8, adapula yang mempunyai masalah restart sendiri pada saat layar login muncul dan juga sistem menjadi hang pada saat hendak reboot ataupun mematikan sistem (shutdown). Masalah ini sebenarnya berkaitan erat dengan fitur baru di windows 8 yaitu fitur “Hybrid Shutdown”, fitur baru Hybrid shutdown ini berfungsi mengurangi waktu total startup dengan menghibernate sesi kernel dan bukan menutupnya, yang mana nantinya dapat mengurangi waktu windows untuk melanjutkan dari sesi hybernate jadi berkurang daripada harus memuat lagi inisialisasi sistem lengkap. Namun fitur baru ini menyebabkan masalah untuk beberapa sistem komputer, jika kalian menghadapi masalah reboot dan shutdown pada windows 8, kita dapat mencoba untuk mengatasinya dengan cara menonaktifkan fitur baru hybrid shutdown dan melakukan shutdown komplit.
Silahkan ikuti langkah-langkah sederhana berikut ini:
  1. Jika berada diposisi Layar Mulai baru, ketik kata “power” dan Windows secara otomatis akan mencari istilah dan akan menunjukkan hasilnya.
  2. Jika berada diposisi Desktop, pindahkan kursor ke pojok kanan atas dari layar untuk mengakses Bar Charms baru. Sekarang klik pada opsi Pencarian dan ketik “power” di kotak pencarian.
  3. Sekarang klik pada link Pengaturan yang diberikan di kanan-sidebar halaman hasil pencarian dan kemudian klik pada link “Change what the power buttons do” yang diberikan dalam hasil pencarian seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut:
  4. Ini akan membuka jendela Power Options. Alternatif untuk membuka jendela yang sama dengan cara mengetikkan powercfg.cpl di kotak dialog RUN dan tekan Enter dan kemudian klik pada link “Change what the power buttons do” yang diberikan di sidebar kiri.
  5. Sekarang gulir ke bawah ke bawah lalu lihat opsi “Turn on fast startup (recommended)” yang diberikan dalam bagian pengaturan Shutdown seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut:
  6. Nonaktifkan opsi ini dengan menghilangkan centangan dikotak centang dan kemudian klik tombol “Save Changes”.
  7. NB:Jika opsi tersebut tidak ditampilkan atau diklik, gulir ke atas dan klik link “Change settings that are currently unavailable”.
  8. Selesai, Restartlah sistem dan masalah reboot atau shutdown harusnya bisa diatasi di Windows 8.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar